click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
More Search Options
More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Bingung Antara Menyawa Gedung Atau Membelinya? Coba Cek 4 Pertanyaan Berikut, Semoga Membantu!

Posted by newman pearsons on 24/04/2020
| 0

Anda Bingung Antara Menyawa Gedung Atau Membelinya? Coba Cek 4 Pertanyaan Berikut, Semoga Membantu! Memulai sebuah bisnis ibarat seperti akan melangkah ke 1000 langkah yang dimulai dari satu langkah kecil, memilih sebuah gedung misalnya. Pembahasan kali ini bukan dilihat dari bagaimana memulai bisnis yang benar, aspek apa yang perlu disiapkan atau memotivasi untuk memulai bisnis, melainkan dari segi pemilihan gedung kantor. Berikut arahan agar anda tidak bingung antara menyewa gedung atau membelinya?

Dalam buku Questions Are The Answers (Tahun 2018 : Hal Gregesen) bahwasanya pembeda seorang pebisnis inovatif adalah perilaku bertanya mereka. Perilaku bertanya dan menjawab akan memunculkan pemikiran yang kritis dan inovatif sehingga, setelah menjawab empat pertanyaan berikut diharapkan muncul pertanyaan yang lebih mengkrucut pada solusi.

Nah, untuk memiliki sebuah kantor sebagai lokasi bisnis,lebih baik mana menyewa atau memiliki sendiri sebuah gedung? Jika anda dalam tahap ini, mungkin beberapa pertanyaan ini wajib dijawab terlebih dahulu sebelum memutuskan.

  1. Jenis bisnis apa yang sedang anda kembangkan, bidang jasa atau barang?

Pertanyaan sederhana ini harus bisa dijawab dulu oleh anda agar bisa menjawab pertanyaan selanjutnya. Jenis bisnis yang akan atau telah berjalan sebelumnya ini bagian dari bidang jasa atau pengadaan barang ( bisa produksi ataupun retail). Karena masing-masing bidang tentunya memiliki keunggulan masing-masing jika sudah diputuskan memiliki gedung. Misalnya, bidang jasa yang tidak terlalu membutuhkan gedung yang luas tapi membutuhkan akses jalan yang enak di pusat kota bisa jadi pilihan menyewa lebih unggul dalam hal ini sebaliknya, jika bidang tersebut adalah barang yang membutuhkan mesin dengan kapasitas yang cukup besar dan tidak memerlukan akses jalan untuk dikunjungi klien, pilihan membeli asset bisa jadi menjadi suatu pilihan yang tepat.

  1. Apakah anda sudah yakin bisnis akan berkembang?

Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya harus kembali pada diri anda sendiri bukan? Karena satu-satunya yang bisa memprediksi adalah anda sendiri. Mungkin untuk menjawab pertanyaan ini anda bisa melakukan studi kecil mengenai beberapa usaha yang serupa atau jika bisnis anda jenis startup bisa jadi dengan melihat kinerja startup yang sebelumnya sudah sukses sampai saat ini, sehingga anda bisa refleksi pada bisnis yang anda kerjakan.

  1. Apakah jenis bisnis anda bersifat dinamis?

Nah, saat ini banyak sekali jenis usaha yang bersifat dinamis yah, jika anda salah stu pemiliknya, maka anda cukup beruntung untuk lebih memilih sewa asset gedung dibandingkan harus membeli, tapi hal tersebut kembali ke anda pribadi memilih yang mana yah.

  1. Manakah yang lebih penting untuk alokasi dana, memiliki aset gedung atau untuk pengembangan bisnis seperti marketing dan lain sebagainya?

Pertanyaan terakhir ini sangat krusial untuk dipertimbakan karena menyangkut alokasi dana serta pengembangan bisnis. Anda harus benar-benar paham, bisnis yang anda jalankan saat ini prioritas alokasi dana nya lebih pada marketing, pengadaan SDM dan lain sebagainya atau lebih pada titik lokasi yang mudah dijangkau klien, karena untuk menjawab pertanyaan ini hanya anda yang paham jawabannya. Intinya dalam hal ini, harus membuat skala prioritasnya terlebih dahulu.

Keempat pertanyaan diatas wajib dijawab sebelum memutuskan untuk memilih menyewa atau membeli asset gedung. Bukankah dari menjawab pertanyaan, anda bisa lebih jeli dan kritis serta tepat dalam memutuskan? Pertanyaan diatas sebagai contoh sehingga pastinya ada puluhan pertanyaan lain yang mungkin bisa anda jawab untuk mengkrucutkan kebutuhan akan gedung tersebut yah. Jadi bagaimana, sudah bisa memutuskan?

(Nanik Prasasti)

Compare Listings