click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
More Search Options
More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

6 Hak Cuti Karyawan yang Penting untuk Diketahui

Posted by newman pearsons on 25/06/2020
| 0

Bukan hanya pihak HRD yang perlu mengetahui hak cuti karyawan, tapi sebaiknya juga pimpinan dan para karyawan lain untuk mencegah timbulnya kesalahpahaman. Ketentuan tentang hak cuti ini sebenarnya sudah tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Pasal 79 ayat 2 UU Ketenagakerjaan telah menetapkan bahwa hak cuti sejumlah dua belas hari. Namun, bisa saja perusahaan memberikan hak cuti lebih dari dua belas hari asalkan tidak kurang dari jumlah yang sudah ditetapkan tersebut.

 

Hak Cuti Tahunan

Cuti tahunan adalah hak karyawan yang didapat setelah bekerja sekurang-kurangnya dua belas bulan atau satu tahun di perusahaan yang sama. Peraturan ini ada di dalam UU Ketenagakerjaan Pasal 79 dan 84 Nomor 13 tahun 2003. Itu artinya, karyawan mendapat jatah cuti satu hari dalam satu bulan sehingga total dua belas kali dalam satu tahun. Meski demikian, perusahaan memiliki kewenangan untuk mengatur hak cuti tahunan sesuai dengan peraturan dan perjanjian kerja sama.

 

Hak Cuti Sakit

Hak cuti karyawan yang berikutnya adalah izin sakit yang disertai dengan surat keterangan dokter. Itu artinya, ketika karyawan akan mengajukan cuti sakit, ia harus mengirimkan surat keterangan dokter yang menyatakan bahwa ia harus istirahat di rumah selama beberapa hari ataupun mendapat perawatan di rumah sakit.

Selain itu, hak cuti sakit juga didapat oleh karyawan perempuan saat mengalami menstruasi di hari pertama dan kedua. Dalam Pasal 81 Ayat 1 UU Ketenagakerjaan, karyawan perempuan yang mengalami sakit menstruasi harus melaporkan ke perusahaan dan mendapat izin cuti untuk hari pertama dan kedua.

 

Hak Cuti Besar

Cuti besar sering disebut dengan istilah istirahat panjang. Cuti ini diperuntukkan bagi karyawan yang loyal dalam bekerja dan setidaknya telah memiliki masa kerja selama 6 tahun di perusahaan yang sama. Namun, sayangnya tidak semua perusahaan dapat memberikan hak cuti besar karena hanya perusahaan tertentu yang melakukannya.

 

Hak Cuti Bersama

Cuti bersama adalah hak libur yang telah diatur oleh pemerintah untuk keperluan masyarakat luas. Biasanya berlaku untuk hari besar nasional, hari raya keagamaan, akhir pekan, dan hari kurang efektif di tengah hari libur. Perhitungan cuti bersama ini masuk ke dalam bagian dari jatah cuti tahunan, yaitu dua belas kali dalam satu tahun.

 

Hak Cuti Melahirkan

UU Ketenagakerjaan juga mengatur tentang hak cuti karyawan perempuan yang sedang hamil dan bersiap untuk melahirkan. Lama waktu cuti adalah 1,5 bulan sebelum waktu melahirkan anak dan 1,5 bulan setelah melahirkan. Bagi perempuan yang hamil namun mengalami keguguran, berhak mendapatkan lama waktu cuti yang sama, yaitu 1,5 bulan pasca waktu keguguran sebagai masa istirahat.

 

Hak Cuti Alasan Penting

Setiap karyawan berhak untuk mengajukan cuti karena alasan penting dalam hidupnya. Jika karyawan mengajukan cuti dengan alasan penting, maka ia berhak tidak masuk kerja namun masih mendapatkan bayaran penuh.

Beberapa alasan penting yang dimaksudkan adalah menikah atau ada keluarga yang meninggal. Jika karyawan menikah, maka ia mendapat jatah cuti tiga hari. Jika ia menikahkan, membaptiskan, atau mengkhitankan anaknya, maka mendapat jatah cuti dua hari. Apabila istri karyawan melahirkan atau keguguran, maka ia berhak izin libur dua hari. Bila ada suami/istri, anak/menantu, orang tua/mertua meninggal, maka lama jatah cutinya adalah dua hari.

 

Memang sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk memberikan hak cuti karyawan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini sebagai langkah taat hukum dan juga cara perusahaan membahagiakan karyawan dengan memberikan izin cuti. Selain dari izin libur, Anda juga bisa menyenangkan karyawan dengan memfasilitasi mereka ruang kantor nyaman yang bisa Anda temukan di Newman Pearsons.

Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai sewa gedung kantor di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menghubungi +62 81280651100 atau 0812 5759 5911 (Whatsapp), telepon ke +62 212520414, atau email ke info@newmanpearsons.com. Anda juga bisa mengisi form berupa pertanyaan disini. Kami siap menjawab pertanyaan yang Anda berikan secara lengkap dan secepatnya.

Compare Listings