click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
More Search Options
More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

IoT Solusi Cerdas Bangunan Modern Masa Depan

Posted by newman pearsons on 22/04/2020
| 0

IoT Solusi Cerdas Bangunan Modern Masa Depan. Lanskap pengelolaan gedung saat ini telah terkena dampak dramatis oleh sejumlah tren Teknologi. Rata-rata, orang menghabiskan 80 % dari hidup mereka di gedung-gedung perkantoran, sekolah, rumah sakit, dan rumah. Bangunan merupakan salah satu pengeluaran modal terbesar untuk bisnis, kedua hanya untuk gaji yang dibayarkan kepada karyawan. Tidak mengherankan jika pemilik dan pengelola properti terus mencari cara baru untuk membuat bangunan lebih efisien, berkelanjutan, nyaman, dan aman. Yang paling signifikan adalah adopsi Internet of Things (IoT) dan teknologi yang saling terhubung. Internet of Things menawarkan solusi bangunan inovatif untuk memenuhi tujuan ini sembari merevolusi sistem otomatisasi dan manajemen bangunan tradisional, sehingga bisa dikatakan bahwa IoT Solusi Cerdas Bangunan Modern Masa Depan.

Internet of Things atau IoT

pertama kali dikeluarkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami IoT semisal : Intel, Microsoft, Oracle, dan lain-lain. Banyak yang memprediksi bahwa IoT adalah “The Next Big Think” di dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa dikembangkan lagi.  Cara kerja Internet of Thinks adalah dengan memanfaatkan sebuah instruksi pemrograman yang dimana tiap-tiap perintah argumennya itu dapat menghasilkan sebuah interaksi antara sesama perangkat yang saling terhubung satu sama lainnya secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Bahkan dalam jarak yang jauh sekalipun internet dapat menjadi penghubung diantara kedua interaksi perangkat tersebut. Sementara manusia hanya bertugas sebagai pengatur dan pengawas bekerjanya alat tersebut secara langsung.

Jadi sangat mungkin jika IoT juga bisa diimplementasikan ke dalam bidang property. Misalkan saja untuk gedung-gedung perkantoran tinggi di perkotaan. Banyak sekali perangkat yang bisa dikendalikan oleh komputer, semisal elevator, lift, sistem pendingin, keamanan, dll. Pada tahun 2015, ada sekitar 10 miliar perangkat yang saling terhubung. Pada tahun 2020, jumlah tersebut akan meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi 34 miliar.

Di Indonesia sendiri, menurut Forum IoT Indonesia, diperkirakan pada tahun 2022 nanti akan ada sekitar 400 juta perangkat sensor yang terpasang, sehingga nantinya hampir seluruh perangkat listrik akan dapat saling terkoneksi dan saling berkomunikasi satu sama lain agar kinerja konsumsi dan pengelolaan listrik akan menjadi jauh lebih efisien dan produktif. Khusus bagi industri gedung atau bangunan, implikasi pertumbuhan IoT terhadap manajemen gedung ternyata cukup signifikan. Sekumpulan data dalam jumlah besar yang dihasilkan oleh perangkat gedung yang saling terhubung memberikan peluang baru bagi pemilik dan manajer gedung untuk menggali informasi dan meningkatkan kinerja gedung mereka secara signifikan.

Kunci sukses dalam lanskap pengelolaan gedung saat ini bagi para profesional di bidang pengelolaan gedung, baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru adalah mendapatkan pemahaman mendalam tentang komponen penting untuk mengelola energi secara komprehensif di dalam apartemen maupun gedung lainnya, termasuk pengaturan pencahayaan dan ruangan, sistem distribusi listrik, datacom, kontrol HVAC dan pemantauan penggunaan energi.

Di dunia di mana teknologi terus berkembang dan menciptakan peluang bagi gedung-gedung untuk mencapai tingkat efisiensi yang baru, pertumbuhan di masa depan akan bergantung pada pengetahuan dan pendidikan khusus. Informasi dan sumber daya ini pada akhirnya akan membantu integrator sistem untuk mengembangkan bisnis mereka dan menyediakan lebih banyak kendali atas lingkungan gedung yang lengkap kepada para profesional saat mereka menciptakan dan mengelola solusi gedung cerdas di masa depan.

(Hening Nugroho)

Compare Listings