click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
More Search Options
More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Optimalisasi Keamanan Gedung Kantor untuk Keselamatan Pegawai

Posted by newman pearsons on 16/07/2020
| 0

Keamanan Gedung Kantor untuk Keselamatan Pegawai dan Aset Perusahaan. Fitur keamanan adalah salah satu indikator bagus tidaknya suatu gedung perkantoran. Sejak awal gedung didesain, keamanan menjadi hal yang terpenting untuk dipertimbangkan. Alasannya keamanan melingkupi segala aspek kestabilan pekerjaan serta menjaga aset tetap dalam kondisi terbaik. Keamanan Gedung Kantor untuk Keselamatan Pegawai dan Aset Perusahaan.

Seiring dengan kemajuan teknologi, sudah banyak gedung perkantoran menerapkan sistem keamanan yang lebih kompleks dan ketat. Pemanfaatan teknologi digital menjadi yang paling sering digunakan dalam memantau aktivitas dalam gedung serta aset yang ada di dalamnya.

Optimalisasi fitur keamanan, diharapkan membuat sistem keamanan menjadi lebih siap dalam menangani permasalahan dalam gedung. Upaya optimalisasi ini bertujuan untuk meningkatkan fitur keamanan pada level terbaiknya. Artinya, segala faktor ancaman terhadap gedung perkantoran bisa diminimalisir sejak dini.

Secara umum, ada beberapa faktor yang menjadi ancaman terhadap gedung perkantoran. Faktor yang pertama adalah keselamatan pegawai. Memastikan para pegawai bisa bekerja dengan baik adalah hal yang harus dilakukan oleh perusahaan melalui optimalisasi fitur keamanan gedung. Rasa aman akan meningkatkan produktivitas kerja mereka sehingga mampu memenuhi target kerja yang telah ditetapkan.

Faktor kedua adalah kehilangan aset akibat pencurian maupun ketidaksengajaan. Kehilangan aset bisa jadi salah satu yang terburuk bagi sebuah perusahaan, karena tanpa adanya aset tersebut perusahaan secara operasional tidak dapat berjalan.

Dan yang ketiga, memastikan keselamatan gedung dari ancaman yang tidak bisa diprediksi. Ada banyak ancaman yang sulit diprediksi seperti kebakaran, bencana alam, hingga serangan pihak asing. Ancaman tersebut tentu dapat mengancam stabilitas perusahaan.

Fitur Keamanan yang Bisa Dioptimalisasi

Lalu bagaimana sebuah fitur keamanan bisa dioptimalisasi? Sebuah sistem keamanan bisa dikatakan aman jika telah melalui serangkaian pengujian. Selain itu sistem beserta fitur keamanan yang ada di dalamnya harus bisa sesuai dengan karakteristik gedung serta orang-orang yang ada di dalamnya. Penyesuaian ini bertujuan agar sistem keamanan bisa berjalan dengan baik.

Beberapa fitur keamanan yang dapat dioptimalisasi antara lain:

  1. Kontrol fitur keamanan dengan optimal

Optimalisasi fitur keamanan gedung tentu membutuhkan orang-orang yang dapat mengontrol fitur keamanan di seluruh gedung. Fitur keamanan yang beroperasi tentu memerlukan kontrol yang baik agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kontrol bisa dilakukan melalui konsep monitoring dan evaluasi, sehingga dapat mengetahui fitur yang fungsinya baik atau tidak.

Dengan rutin memonitor fitur keamanan, maka fungsi keamanan lain bisa berjalan dengan baik. Akibatnya, seluruh sistem akan beroperasi secara optimal. Pentingnya kontrol terhadap fitur keamanan ini tentu menjaga stabilitas sistem keamanan yang sudah berjalan.

  1. Pengintegrasian sistem keamanan gedung

Seluruh fitur keamanan sudah semestinya dijalankan dalam sebuah sistem keamanan yang terintegrasi. Hal ini agar setiap fitur keamanan memiliki satu dokumentasi saja, sehingga memudahkan dalam kontrol keamanan yang akan dijalankan. Sistem integrasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan gedung bahkan orang-orang yang ada di dalam gedung itu sendiri.

Integrasi sistem ini bisa dilakukan mulai dari pintu masuk, CCTV, manajemen keluar masuk orang atau barang, hingga alarm kebakaran. Dengan begitu satu fitur keamanan akan terhubung satu sama lain, sehingga setiap fitur berjalan secara optimal.

  1. Peraturan jelas mengenai keamanan

Sebuah sistem dan fitur keamanan akan berfungsi dengan baik apabila setiap orang patuh terhadap peraturan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan gedung. Peraturan-peraturan yang ditetapkan tentu harus sesuai dengan kaidah-kaidah keamanan yang menjamin keselamatan setiap orang serta aset yang dimiliki setiap gedung.

Peraturan tersebut misalnya penggunaan ID Card untuk setiap orang yang memasuki gedung, pencatatan setiap barang yang keluar dan masuk, sosialisasi peraturan gedung terhadap tamu maupun pegawai, hingga sosialisasi terhadap seluruh fitur keamanan yang tersedia. Dengan demikian setiap orang akan merasa memiliki perlindungan dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan diri mereka serta aset perusahaan.

Optimalisasi fitur keamanan gedung tentu penting demi mendukung segala bentuk aktivitas yang ada di dalam gedung. Jaminan keamanan serta keselamatan tentu penting demi menjaga operasional yang berlangsung serta stabilitas perusahaan yang menggunakan gedung tersebut.

(Boiman Manik)

Compare Listings