click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next
More Search Options
More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search
More Search Options
we found 0 results
Your search results

Potensi Gedung Perkantoran Sebagai Destinasi Wisata di Indonesia

Posted by newman pearsons on 30/04/2020
| 0

Potensi Gedung Perkantoran Sebagai Destinasi Wisata di Indonesia. Akhir-akhir ini prospek industri pariwisata di Indonesia cukup menggiurkan dan pertumbuhannya meningkat dibanding beberapa tahun sebelumnya. Bahkan pertumbuhan sektor pariwisata dikatakan melampui pertumbuhan ekonomi. Jumlah kunjungan wisata mancanegara yang dihitung mulai januari hingga april pada tahun 2019 mengalami peningkatan hingga 3,22 persen jika  dibandingkan dengan kunjungan wisata mancanegara pada tahun 2018 dengan periode yang sama. Selain wisatawan mancanegara, wisatawan lokal juga semakin bertambah seiring berkembangnya peran media sosial sebagai ajang pamer khususnya pamer tempat piknik sehingga masyarakat dari berbagai kalangan gemar berwisata dengan beralasan  semboyan “mari piknik biar gak panik”.

Inilah alasan Potensi Gedung Perkantoran Sebagai Destinasi Wisata di Indonesia

Semakin diliriknya pariwisata di Indonesia harusnya menjadi sebuah motivasi bagi pemerintah maupun pihak swasta untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia. Apalagi saat ini sektor pariwisata menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan nilai yang signifikan. Maka sudah keharusan bagi setiap daerah untuk mengembangkan dan menonjolkan destinasi wisata di daerahnya masing-masing. Namun problematikanya tidak seluruh wilayah Indonesia dianugrahi oleh keindahan alam yang menawan seperti keindahan-keindahan alam yang terdapat di Indonesia bagian timur. Sebagian wilayah Indonesia adalah kawasan industri dan perkantoran yang justru tidak memiliki potensi menjadi destinasi wisata.

Menyikapi problematika ini penulis beranggapan bahwa daerah kawasan industri dan perkantoran bukan halangan untuk pengembangan pariwisata, bahkan daerah kawasan industri dan perkantoran sangat berpotensi menjadi destinasi wisata. Mari berkaca pada negara Taiwan dengan Taipe 101-nya yang menjadi pusat teknologi modern dan gedung perkantoran sekaligus menjadi atraksi wisata, sungguh sebuah kawasan yang serbaguna dan cukup sering diperbincangkan diseluruh dunia hingga menjadi destinasi utama para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Taiwan. Selain negara Taiwan kita bisa juga berkaca pada negara tetangga sendiri yaitu Singapura dengan Merlion Parknya yang menjadi ikonik bagi para pelancong lokal maupun mancanegara. Kawasan ini selalu ramai baik pagi, siang, sore, apalagi dimalam hari kawasan ini akan ramai sekali karena cukup menarik jika berkunjung di malam hari. Kawasan ini merupakan kawasan perkantoran dengan desain perkantoran yang sangat menarik dan tentu saja akan sangat memanjakan mata pencinta arsitektur, seniman dan orang-orang biasa.

Penulis juga beranggapan bahwa menjadikan pusat perkatoran sebagai tempat wisata di Indonesia sangat memungkinkan. Hal ini bisa diterapkan di daerah Batam yang terkenal dengan kota industri yang tentunya juga memiliki banyak sekali gedung-gedung perkantoran, kemudian di daerah Jakarta destinasi wisata semacam ini juga sangat berpotensi untuk dikembangkan.  Dan yang paling berpotensi tentunya di daerah Kalimantan yang telah dinobatkan sebagai ibu kota selanjutnya, mungkin kantor-kantor pemerintah yang akan dibangun kiranya di desain semenarik dan seindah mungkin agar kawasan ini dapat dijadikan sebagai destinasi wisata andalan layaknya kawasan marina bay di Singapura, apalah salahnya jika sekali mendayung dua pulau terlampaui.

Dalam pembangunan sebuah gedung perkantoran sebaiknya pihak yang berwewenang dan berkepentingan dalam pembangunanya seharusnya berpikir untuk mengambil manfaat dari sebuah gedung perkantoran lebih banyak lagi. Dimana selain untuk melancarkan aktivitas-aktivitas, sebuah gedung perkantoran juga harus bisa diambil manfaat estetikanya yang mampu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Dalam sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa lingkungan kerja fisik mempengaruhi semangat kerja karyawan dimana semakin bagus lingkungan kerja fisiknya maka semakin tinggi semangat kerjanya dimana lingkungan kerja fisik itu termasuk desain gendung kantornya.

Jadi penulis pikir bahwa sebuah arsitektur gedung perkantoran sangatlah urgent meski sering dianggap banyak orang hal itu merupakan  permasalahan yang sepele dimana sebagian berpendapat bahwa sebuah gedung kantor itu yang penting adalah bisa digunakan. Namun sebaiknya, arsitektur sebuah gedung perkantoran perlu diperhatikan dan dianggap urgent agar bisa dimanfaatkan secara lebih dan berimbas bagi beberapa sektor khususnya sektor pariwisata.

(Annisa Jariah)

Compare Listings